Pastikan Kesiapan Pelaksanaan Berjalan Lancar, Dandim 0101/KBA Pimpin Apel Siap Siaga Pengamanan Pilkada 2024

Editor: Syarkawi author photo


Banda Aceh – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0101/Kota Banda Aceh Kolonel Czi Widya Wijanarko, S.Sos., M.Tr (Han), memimpin apel gelar pasukan untuk kesiapan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Kegiatan ini berlangsung di halaman Makodim 0101/KBA, Jalan S.T.A Mahmudsyah, Gampong Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Senin (05/08/2024).

Dalam pengarahannya, Dandim 0101/Kota Banda Aceh menegaskan bahwa apel ini adalah bagian penting untuk mengecek kesiapan personel dan materil dalam menghadapi pengamanan Pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 nantinya.

“Melalui apel ini, kita memastikan seluruh personel dan materil siap dalam menghadapi tugas pengamanan Pilkada,” tegasnya.

Dandim 0101/Kota Banda Aceh Kolonel Czi Widya Wijanarko, S.Sos., M.Tr (Han), menekankan pentingnya kesiapan dan koordinasi yang baik agar Pilkada berjalan aman dan lancar. “Proses Pilkada telah memasuki tahap penting. Semua personel harus mengetahui tahapan-tahapan tersebut. Oleh karena itu, Pasi Intel atau Dan unit akan menjelaskan secara rinci tahapan Pilkada yang sudah berjalan hingga saat ini,” ungkapnya.

Beliau juga mengingatkan bahwa tugas utama mereka bukan di garis depan, karena pengamanan utama dilakukan oleh Kepolisian. Peran mereka adalah untuk mendukung pengamanan sesuai kebutuhan, merespon situasi darurat, membantu pengendalian kerusuhan, serta memberikan dukungan logistik dan komunikasi. 

“Dukungan ini diharapkan dapat memperkuat upaya pengamanan yang dilakukan oleh Kepolisian, sehingga menciptakan situasi yang kondusif selama proses Pilkada berlangsung,” tutur Dandim.

Sebagai bagian dari persiapan, Dandim 0101/Kota Banda Aceh menegaskan bahwa personel telah dilengkapi dengan peralatan Pengendalian Huru-Hara (PHH) sekitar 60 unit, meliputi helm pelindung, tameng, tongkat, pelindung tubuh, dan alat komunikasi. 

“Dengan peralatan ini, diharapkan personel lebih siap menghadapi potensi kerusuhan atau gangguan keamanan selama Pilkada, Saya juga meminta kesiapan fisik dan mental serta kemampuan personel dalam menggunakan peralatan tersebut harus secara efektif agar pengamanan Pilkada berjalan lancar dan aman,” imbuhnya.

Untuk diketahui tujuan utama dari pelaksanaan pengecekan kesiapan anggota Kodim 0101/Kota Banda Aceh adalah untuk mengidentifikasi dan memastikan kondisi kekuatan serta kesiapan, baik dari segi personel maupun materiel. Hal ini dilakukan agar seluruh elemen yang terlibat dapat mendukung secara optimal dan memastikan keberhasilan dalam menjalankan tugas pengamanan selama pelaksanaan Pilkada 2024 nantinya.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini