PDAM Tirta Mountala Siap Sukseskan PON

Editor: Syarkawi author photo

"Kantor PDAM Tirta Mountala yang dipasang spanduk dukungan sukses PON XXIAceh-Sumut, Rabu (31/07/2024).

Kota Jantho – Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mountala Kabupaten Aceh Besar, Ir Sulaiman MSi menyatakan siap mendukung dan menyukseskan pelaksanaan pekan olahraga nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024 pada bulan September mendatang.

“Sesuai dengan arahan Pj Bupati Aceh Besar, PDAM Tirta Mountala sudah siap mendukung untuk menyukseskan semua kegiatan PON XXI Aceh-Sumut yang akan berlangsung di Kabupaten Aceh Besar,” kata Direktur Utama PDAM Tirta Mountala Ir Sulaiman MSi, kepada Tim Media Center Aceh Besar, Rabu (31/07/2024).

Ia menjelaskan, jauh sebelumnya PDAM Tirta Mountala Aceh Besar sudah mulai berkerja dalam mempersiapkan jaringan pipa untuk penyuplai air bersih ke venue-venue PON. Karena di Aceh Besar ada beberapa titik yang tidak memiliki jaringan pipa air, contohnya di cabang olahraga selancar dan cabor kano.

“Nah, Untuk daerah yang tidak memiliki jaringan pipa, kami berinisiasi untuk membuat polytank-polytak tempat penampungan air, sehingga mempermudah pada saat mendistribusikan air,” jelasnya.

Kemudian, Khusus untuk cabang olahraga paralayang lumayan sulit, karena venuenya terletak diatas ketinggian kurang lebih 512 Meter di atas permukaan laut (MDPL).

“Untuk menyuplai air ke Venue paralayang, harus mengunakan sistem lansir. Sebab, mobil tangki tidak sanggup nanjak keatas. Jadi, kami akan melansir air keatas dengan mengunakan mobil double kabin walaupun harus bolak balik,” pintanya.

Selain itu, PDAM akan berkolaborasi dengan Perkim Aceh, sesuai dengan hasil rapat dengan Pemerintah Aceh, nanti PDAM Tirta Mountala harus masuk untuk membantu menyuplai air bersih ke kapal pesiar yang bersandar di pelabuhan malahayati.

“Karena mereka butuh air 10 ton setiap hari dan itu juga menjadi periotas kami nanti,” ujar Sulaiman.

Ia mengungkapkan, dalam rangka mendukung menyukseskan perhelatan akbar tingkat nasional yang akan berlangsung di Aceh Besar. PDAM Tirta Mountala telah melakukan berbagai persiapan dan perbaikan sistem penyediaan air.

“Sekarang PDAM Tirta Mountala hanya menunggu penentuan titik letak tandon dan portebel MCK, sebab penentuan titik tandon belum ada petunjuk dari Perkim Aceh. Besok, kami akan melakukan pertemuan dengan Perkim terkait penentuan titik letak tandon tersebut,”ungkapnya.

Sulaiman juga berharap, Agar penyelenggaraan PON di Kabupaten Aceh Besar sukses, kita harus membangun kebersamaan dan butuh dukungan dari semua pihak. Karena PDAM sudah pasti tidak sanggup sendiri, sehingga butuh dukungan dari semua pihak.

“Pada saat perhelatan PON sudah mulai, kami berharap dukungan dan komunikasi, bila nanti ada pipa bocor, kekurangan air, ini tolong disampaikan langsung kepada kami, jangan sampai nanti tamu kita yang menyampaikan. Sebab, kita harus memberikan pelayanan yang baik untuk mereka, supaya mereka nyaman selama di Aceh Besar,” pungkas Sulaiman”[*]

Share:
Komentar

Berita Terkini