Penjabat Ketua TP PKK Kota Subulussalam Membuka Rakor Program Kerja Pokjanal Posyandu

Editor: Syarkawi author photo

 

Subulussalam – Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kota Subulussalam Hj. Siti Nanziah, S.Ag membuka rapat koordinasi program kerja Pokjanal Posyandu yang digelar Dinas Kesehatan Kota Subulussalam, bertempat di aula serbagunap pendopo Wali Kota Subulussalam, kamis (1/8/2024).

Kepala Dinas Kesehatan Munawaroh, Ssi, Apt.M.Kes dalam laporannya mengatakan Posyandu merupakan suatu Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam rangka memberdayakan masyarakat.

Juga memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar dalam mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi serta  upaya penanggulangan stunting, pungkasnya.

Tujuan kegiatan meliputi pembinaan dan pengelolaan Posyandu, Pokjanal Posyandu, kelompok kerja operasional posyandu. “ Adanya komitmen dan sinegi lintas sektor dan lintas program terkait posyandu, adalah kunci sukses program Posyandu, “ imbuhnya.

“ Sinergi program TP PKK dan SKPK menjadi solusi terhadap permasalahan di Kota Subulussalam, “ sebut Pj.Ketua TP PKK Kota Subulussalam Hj. Siti Nanziah, S.Ag mengawali kata sambutannya.

Sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa disebutkan bahwa desa berkewajiban mendukung kegiatan yang yang menjadi prioritas nasioal termasuk program penurunan stunting yang menjadi program prioritas nasonal.

Dalam rangka pemberdayaan masyarakat kampong dan kader dalam penanganan stunting mesti dilakukan secara terpadu dan terintegrasi berbasis masyarakat di tingkat kampong melalui Posyandu Aktif, katanya.

Posyandu di Kota Subulussalam sudah berjalan baik dan sudah melakukan beberapa kegiatan pengembangan seperti Bina Keluarga Balita dan Paud Holistik Integratif. Kepada pengurus Pokjanal Posyandu di tingkat kota dan di tingkat kecamatan agar membuat inovasi Posyandu sebagai pilot project di wilayahnya masing-masing, katanya.

Untuk itu ia mohon dukungan dan kerjasama semua SKPK dan stakeholder lainnya agar program  kegiatan posyandu dan capaiannya dapat meningkat setiap tahunnya, pintanya.

Acara ditutup dengan pelantikan dan pemasangan selempang pembinaan posyandu kecamatan oleh Pj. Ketua TP PKK Kota Subulussalam Hj. Siti Nanziah, S.Ag.[InfoPublik]

Share:
Komentar

Berita Terkini