Peringati HAN ke-40, Pemkab Aceh Besar Gelar Aneka Lomba

Editor: Syarkawi author photo

 Bunda PAUD Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM bersama anak TK menempelkan tangan ke spanduk dengan menggunakan cat air pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Ke-40 di SMPN 1 Peukan Bada, Aceh Besar, Senin (05/08/2024)

Dibuka Bunda PAUD Cut Rezky Handayani

KOTA JANTHO - Memperingati Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KB PP dan PA) Aceh Besar dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Besar, mengadakan aneka perlombaan yang diikuti oleh 300 siswa tingkat kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Kegiatan tersebut dibuka oleh Bunda PAUD Aceh Besar, Cut Rezky Handayani, SIP, MM, di SMPN 1 Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Senin (5/8/2024).

Para peserta dari berbagai sekolah itu terdiri atas TK Negeri Pembina Peukan Bada dengan 60 peserta, TK Babul Ulum 50 peserta, TK Putra IV 30 peserta, TK Nurul Fathan 56 peserta, TK Cut Nyak Awan 10 peserta, SDN 1 Peukan Bada 61 peserta, dan SDN 2 Peukan Bada 33 peserta. Total peserta mencapai 300 siswa, terdiri dari 206 siswa TK dan 94 siswa SD, mengikuti berbagai jenis lomba diadakan, antara lain hafalan surah pendek untuk tingkat TK dan SD, lomba mewarnai untuk tingkat TK dan SD, serta lomba engklek khusus untuk tingkat SD.

Selain itu, peringatan HAB tersebut juga disuguhkan dengan berbagai penampilan, dari tarian kreasi siswa tingkat TK, tarian adat yang ditampilkan siswa SMP, penampilan Wahyu kece, dan nyanyian lagu anak sehat yang dipimpin langsung oleh Bunda Paud Cut Rezky Handayani.

Pada kesempatan itu, Cut Rezky Handayani menyampaikan apresiasi kepada para orang tua dan guru yang telah hadir bersama anak-anak mereka di acara perayaan tersebut. "Alhamdulillah, hari ini kita bisa berkumpul di sini bersama-sama untuk memperingati Hari Anak Nasional. Bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, serta bunda-bunda guru yang telah membawa anak-anaknya untuk berpartisipasi dalam acara ini, terima kasih banyak," ujar Cut Rezky Handayani.

"Menyanyikan lagu "Aku Anak Sehat" bersama-sama sebagai pembuka acara ini menggambarkan pentingnya pemberian asupan gizi yang cukup untuk perkembangan anak yang optimal, serta pentingnya peran orang tua dalam melindungi hak-hak anak," tambahnya.

Cut Rezky Handayani menyebutkan, tema Hari Anak Nasional ke-40 tahun ini adalah "Anak Terlindungi, Indonesia Maju." Menurutnya, tema ini menekankan pentingnya perlindungan anak sebagai dasar kemajuan bangsa di masa depan. Berbagai kegiatan telah disiapkan untuk memeriahkan acara ini, termasuk lomba mewarnai, lomba membaca surah pendek tingkat SD dan TK.

"Pada hari ini, kami juga menghadirkan pustaka keliling untuk anak-anak SMP agar mereka dapat menikmati membaca. Pesan saya kepada anak-anak, rajinlah membaca karena dunia dimulai dari apa yang kalian baca dan lakukan," pesan Cut Rezky Handayani.

Tidak hanya itu, ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Bunda PAUD Aceh Besar kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini, termasuk DP3KB PP dan PA, Dinas Pendidikan, dan Dinas Sosial. "Sekali lagi, terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi, yang kita diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak Aceh Besar untuk terus mengembangkan diri dan meraih impian mereka di masa depan," tutup Cut Rezky Handayani.

Selain Bunda PAUD Aceh Besar, acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas DPPA Provinsi Aceh, Mutia Juliana, SSTP, MSi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Aceh Besar, Bahrul Jamil, SSos, MSi, Kepala DP2KB PP dan PA Aceh Besar, Drs. Fadhlan, serta ratusan para siswa SMP dan para wali murid dari peserta yang menambah kemeriahan peringatan HAB ke-40 tahun 2024.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini