Perpustakaan SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy Raih Predikat Terbaik se-Provinsi Aceh, Berikut Daftar Juaranya

Editor: Syarkawi author photo

 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh mengumumkan pemenang lomba perpustakaan sekolah terbaik tingkat Provinsi Aceh tahun 2024 pada Senin, 5 Agustus 2024.

BANDA ACEH - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh mengumumkan pemenang lomba perpustakaan sekolah terbaik tingkat Provinsi Aceh tahun 2024 pada Senin, 5 Agustus 2024. Acara ini berlangsung di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh dan merupakan program tahunan yang bertujuan meningkatkan layanan perpustakaan, mendorong inovasi, serta upaya kreatif sekolah dalam rangka meningkatkan minat baca siswa sebagai wujud penumbuhan budaya baca di sekolah.

Seleksi ini melibatkan semua satuan pendidikan jenjang SMA/SMK dan MA se-Provinsi Aceh yang dimulai sejak bulan Mei hingga akhir Juni 2024. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Aceh, Dr. Edy Yandra, S.STP, MSP, mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba perpustakaan dengan harapan perpustakaan sekolah/madrasah yang telah berhasil dapat menjadi contoh bagi perpustakaan lainnya di setiap satuan pendidikan di Aceh.

“Tentunya perpustakaan sekolah/madrasah yang telah berhasil dapat menjadi contoh baik kepada seluruh perpustakaan yang ada di sekolah. Juara I hingga VI kiranya dapat menjadi contoh bagi seluruh perpustakaan sekolah yang ada di setiap satuan pendidikan di Aceh,” ujar Edy Yandra.

Pada tahun 2024 ini, SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy berhasil meraih Juara I Perpustakaan Terbaik Tingkat SMA/SMK/MA se-Aceh dan akan mewakili Aceh dalam Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan oleh Perpusnas di Jakarta Pusat.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Marthunis, ST., DEA, yang diwakili oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, Syarwan Joni, S.Pd., M.Pd., menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi tinggi atas capaian sekolah yang telah terpilih dalam seleksi Perpustakaan Terbaik tahun ini.

“Kami juga berterima kasih pada instansi terkait yang telah menyelenggarakan seleksi ini sebab program ini dapat menjadi motivasi dan pendorong dalam upaya peningkatan literasi dan numerasi sekolah yang saat ini menjadi bagian dari fokus aksi perubahan yang akan kita lakukan bersama secara terencana, terstruktur dan terukur pada target yang hendak kita capai ke depan" Kata Syarwan Joni.

Syarwan menambahkan bahwa kegiatan lomba ini sangat berhubungan erat dengan penumbuhan literasi sekolah. Selain meningkatkan minat baca siswa, perpustakaan yang baik merupakan bagian dari akses sumber daya untuk menumbuhkembangkan budaya baca, mengembangkan keterampilan literasi informasi, seperti kemampuan mencari, mengevaluasi, dan menggunakan informasi dengan efektif sehingga lingkungan belajar yang efektif dan kondusif dapat tumbuh.

“Kepada SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy, kami berpesan agar terus mempersiapkan diri dengan penuh semangat menuju tingkat seleksi nasional. InsyaAllah kita mampu menjadi terbaik tingkat nasional tahun ini,” pesan Syarwan.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy, Amirul Kisra, S.Pd., M.Pd., mengungkapkan rasa syukur atas prestasi yang telah diraih sekolahnya sebagai perpustakaan terbaik se-Provinsi Aceh tahun ini. “Alhamdulillah, syukur kepada Allah, terima kasih kepada semuanya, khususnya kepala pengelolaan serta staf perpustakaan sekolah yang telah begitu bersemangat serta bekerja keras dalam persiapan lomba perpustakaan tahun ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Amirul Kisra menyatakan bahwa prestasi yang diperoleh juga merupakan berkah doa dan kerja ikhlas dari para guru dan tenaga pendidik di sekolah serta dukungan dari Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Marthunis, ST., DEA, dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, Syarwan Joni, S.Pd., M.Pd.

Adapun sekolah/madrasah yang berhasil keluar sebagai juara pada lomba perpustakaan tingkat Provinsi kali ini adalah:

Juara 1: SMAN 2 Unggul Ali Hasjmy, Aceh Besar

Juara 2: SMAN 1 Bireun

Juara 3: SMAN 1 Kejuruan Muda, Aceh Tamiang

Juara Harapan I: SMKN 1 Banda Aceh

Juara Harapan II: SMKN 2 Meulaboh

Juara Harapan III: SMAN Unggul Aceh Timur

Share:
Komentar

Berita Terkini