Tindaklanjut Launching Aplikasi Srikandi, Diskominfo Kota Subulussalam Gelar Bimtek Pengelolaannya

Editor: Syarkawi author photo

 

Subulussalam – Sekretaris Daerah Kota Subulussalam H. Sairun, s.Ag, M.Si membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) di lingkungan Pemerintah Kota Subulussalam, bertempat di aula Dinas Kominfo Kota Subulussalam, kamis (08/8/2024).

“ Arsip bukan sekadar kumpulan dokumen melainkan aset berharga yang memuat sejarah, identitas dan memori suatu instansi, “ sebut Sekda Kota Subulussalam H. Sairun, S.Ag, M.Si mengawali kata sambutannya.

Dikatakannya bahwa bulan lalu telah diluncurkan aplikasi sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi (Srikandi) di Kota Subulussalam dan hari ini tindaklanjutnya dilakukan bimbingan teknis para admin semua instansi,  katanya.

Menurutnya kegiatan ini tidak hanya melatih pengelola arsip dalam mengoperasikan aplikasi tersebut namun yang mesti dipahami juga akan pentingnya keamanan data dan kecepatan respons dalam melayani kebutuhan informasi masyarakat.

Kehadiran para peserta menjadi bukti semangat untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang menjadi kunci keberhasilan bersama, pungkasnya.

Ia pun mengapresiasi atas kerja keras dan dedikasi tim pengembang dan para pihak yang terlibat dalam implementasi Srikandi ini.

“ Ini menjadi langkah awal yang baik dalam good government dan smart government, “ katanya.

Dan semoga bisa memberikan hasil yang bermanfaat dalam transformasi positif kearsipan dinamis di lingkungan Pemerintah Kota Subulussalam, tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Subulussalam Abdul Saman Sinaga, SH. MH dalam laporannya mengatakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penggunaan aplikasi Srikandi tujuan akhirnya adalah melakukan migrasi dari surat konvensional ke surat elektronik, pungkasnya.

Cepatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang dibarengi dengan semakin kritisnya sikap masyarakat terhadap pemerintah, mendorong pemerintah pusat dan daerah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat, tepat,  efektif, efisien dan transparan.

Dan salah satu upaya tercapainya hal tersebut pemerintah berkomitmen menyelenggarakan pemerintahan yang berbasis elektronik atau yang lebih dkenal atau biasa disingkat SPBE.

”  Salah satu diantara penerapan SPBE adalah implementasi aplikasi umum kearsipan atau SRIKANDI, “  ujarnya.

Turut hadir dalam pembukaan bimtek tersebut yakni Asisten Administrasi Umum Ibnu Hajar, S.Sos, para Kepala SKPK dan Sekretaris Diskominfo Armand Nanda.[InfoPublik]

Share:
Komentar

Berita Terkini