Aceh Tambah Medali di Cabor Kurash PON XXI 2024

Editor: Syarkawi author photo

Pertandingan Cabor Kurash di Venue Jantho Sport Center (JSC) Kota Jantho Aceh Besar, Rabu (11/09/2024). Foto. MC PON Aceh/Saifuddin Ali.

Aceh Besar – Kontingen tuan rumah, Aceh, berhasil menambah dua medali dari cabang olahraga Kurash pada PON XXI Aceh-Sumut 2024, yang berlangsung di Jantho Sport Center (JSC), Kota Jantho, Aceh Besar, Rabu (11/09/2024).

Medali perak dipersembahkan oleh Muhammad Saif Ritonga yang turun di kelas 60 kg putra, setelah di partai final takluk dari atlet DKI Jakarta, Syahrul Ramadhani, yang membawa pulang emas. Perunggu diraih oleh Rawin Very Antonius dari Jambi dan Aldo Krisdiyanto dari Lampung.

Sementara itu, tambahan medali perunggu Aceh diraih oleh Aksal Muhammad Janwar di kelas 66 kg putra. Emas pada kelas ini disabet oleh Akmal Fuad dari DKI Jakarta yang mengalahkan David dari Lampung, yang harus puas dengan medali perak. Perunggu juga dibagi untuk Pratama Surbakti dari Sumatera Utara.

Di kelas 55 kg putra, Ahmad Andriyanto dari Sumatera Utara sukses meraih emas setelah mengalahkan Rezky Rahmadhani dari DKI Jakarta yang memperoleh perak. Perunggu diraih oleh Ricky Nugroho dari Jawa Timur dan Josua Nadapdap asal Lampung.

Pada kategori putri, di kelas 63 kg, emas jatuh kepada Nindy Natalia Pattipeme dari DKI Jakarta, disusul oleh Pamela W. Samosir dari Lampung yang meraih perak. Perunggu diraih Amyra Faraby dari Jawa Timur dan Meliana Kristiani Br. Sitepu dari Sumatera Utara.

Untuk kelas 70 kg putri, Jesti Lukman dari Lampung berhasil membawa pulang medali emas setelah mengalahkan Nindya Ragil Khania dari Kalimantan Timur, yang meraih perak. Medali perunggu diberikan kepada Jehima Ramdhia dari Riau dan Nurul Destiani dari Sumatera Selatan.

Pengalungan medali akan dilaksanakan pada Kamis (12/09/2024) di gedung tempat berlangsungnya pertandingan Kurash PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Sebelumnya diberitakan, cabang olahraga Kurash PON XXI dibuka oleh Pj Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, dan akan berlangsung dari 11 hingga 14 September 2024. Sebanyak 180 atlet dari 20 provinsi di seluruh Indonesia, serta 16 wasit, turut ambil bagian. Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Pengurus Pusat Federasi Kurash Indonesia (Ferkushi), Mayjen (Purn) TNI Hafil Fuddin, beserta para undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Iswanto menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dan masyarakat menyambut baik kedatangan para atlet, pelatih, dan ofisial cabang olahraga Kurash di Kota Jantho. “Kami berkomitmen penuh untuk memberikan pelayanan terbaik dan maksimal selama dan setelah kompetisi,” ujar Iswanto, yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Kurash Aceh. []

Share:
Komentar

Berita Terkini