Disnakermobduk Aceh Laksanakan 2 Agenda Bagi Pencari Kerja di Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe

Editor: Syarkawi author photo


LHOKSEUMAWE – Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (DISNAKERMOBDUK) Aceh bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja dan Industri (BLKI) Aceh Utara melakukan Penutupan kegiatan Program Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2024.

Sebanyak 17 orang peserta telah selesai melaksanakan Program Pemagangan Dalam Negeri pada 3 perusahaan diwilayah Kota Lhokseumawe dan Kab. Aceh Utara, dimana 13 orang diantaranya telah dilanjutkan dengan kontrak kerja oleh masing-masing perusahaan (PT . Solusi Bangun Andalas, Aceh Utara, PT. Prima Inti Medika Lhokseumawe dan Rumah Sakit Ibu dan Anak ABBY Lhokseumawe).

Selain melakukan penutupan Program Pelatihan Dalam Negeri, diwaktu yang bersamaan Disnakermobduk Aceh dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Lhokseumawe juga melakukan Pembukaan Pelatihan Teknisi Telepon Seluler (HP) yang dilaksanakan di aula  Wisma Kuta Karang Lama, Lhokseumawe, Selasa (22/10/2024). Sebanyak 30 muda mudi asal Kota Lhokseumawe memanfaatkan kesempatan tersebut sebagai peserta.

Dalam agenda 2 kegiatan tersebut, Kadisnakermobduk Aceh, Akmil Husen, SE, M.Si melalui Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja, Qifti Reza Kesuma, S.T menekankan kepada peserta pelatihan agar dapat mengikuti pelatihan dengan penuh keyakinan dan dedikasi yang tinggi demi menopang perekonomian dimasa yang kan datang.

Masih menurut Qifti, peserta pelatihan perlu merubah pola pikir atau agar dapat menyerap materi pelatihan dengan maksimal sehingga nantinya peserta pelatihan dapat memiliki keahlian yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun global. 

“Kita semua Perlu merubah Goal Mindset sehingga merubah perilaku, dan attitude kita dalam mengikuti pelatihan ini”, ujar Kabid PKPTK Aceh.

Dalam kesempatan yang sama kepala UPTD BLKI Aceh Utara Nurul Akmal, S.E., mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak perusahaan yang telah menerima peserta dalam program pemagangan dalam negeri dan berharap setalah proses pemagangan, perusahaan dapat memfasilitasi peserta untuk ditempatkan, sehingga mampu meminimalisir angka pengangguran di Aceh Utara.

“Kita berharap peserta yang telah mengikuti program pemagangan dapat ditempatkan di perusahaan yang bersangkutan”, harap Kepala BLKI Aceh Utara.

Masih dalam kesempatan yang sama, salah satu peserta program Pemagangan Dalam Negeri menuturkan Darnita (32) menuturkan dirinya bisa mendapatkan ilmu baru, mengasah kemampuan dan sekaligus memiliki ketrampilan menangani pasien secara langsung. Selain itu dirinya juga mengaku selaku peserta program pemagangan dan pencari kerja dirinya juga berkesempatan mendapatkan pekerjaan di tempat Pemagangan.

"Selama pemagangan saya mendapatkan ilmu baru dan mengasah skill untuk diri sendiri dan untuk pertolongan pertama bagi keluarga dan masyarakat sekitar, selain itu dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Aceh melalui Disnakermobduk Aceh dan BLKI Aceh Utara yang telah memberikannya kesempatan menjadi bagian dari peserta dalam Program Pemagangan Dalam Negeri", ucap Darnita.

Hal yang sama juga di utarakan oleh Rahima (25) peserta program pemagangan ini juga merasakan banyaknya manfaat dari program pemagangan yang di selenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh. Menurut Rahima, program seperti pemagangan dan penempatan perlu digalakkan oleh pemerintah Aceh agar membuka kesempatan kerja bagi masyarakat lainnya.

"Program pemagangan sangat bermanfaat untuk melanjutkan pekerjaan di tempat kerja yang baru sekaligus bisa mengasah kembali kemampuan yang telah saya miliki khususnya dalam merawat pasien", ucapnya.[]

Share:
Komentar

Berita Terkini