Pj Bupati Aceh Besar Resmikan Sarana dan Prasarana Wisata di Naga Umbang

Editor: Syarkawi author photo

 Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM memberikan sambutan dalam acara peresmian sarana dan prasarana wisata Teupin Balok, Gampong Naga Umbang, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Kamis, (24/10/2024). FOTO/MC ACEH BESAR

KOTA JANTHO - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM meresmikan Sarana dan Prasarana Gampong Wisata Teupin Balok, Gampong Naga Umbang Kecamatan Lhoknga melalui kegiatan Bakti Sosial Pembangunan Desa Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Syiah Kuala, Kamis (24/10/2024).

Dalam sambutannya, Iswanto atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyampaikan apresiasi kepada jajaran Pelaksana Kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bakti Sosial Pembangunan Desa (BSPD) Universitas Syiah Kuala yang telah memprakarsai kegiatan Program Pengembangan Desa Wisata di Gampong Wisata Naga Umbang, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar tersebut. Ia mengatakan, kegiatan itu patut diapresiasi karena merupakan salah satu langkah strategis dalam memajukan potensi wisata, khususnya di Aceh Besar, sekaligus mendukung perekonomian masyarakat.

Pj Bupati Muhammad Iswanto menambahkan, Gampong Wisata Naga Umbang bukan hanya sekadar destinasi, tetapi juga simbol kebangkitan ekonomi dengan tetap melestarikan budaya lokal. Dengan adanya sarana prasarana yang lebih baik ini, ia berharap dapat meningkatkan aksebilitas dan kenyamanan bagi pengunjung, serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan wisata. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyambut baik dan mengapresiasi kerja keras dan dedikasi yang telah ditunjukkan oleh mahasiswa PPK Ormawa UKM BSPD USK serta masyarakat Gampong Naga Umbang.

"Melalui kolaborasi ini, kita telah melihat bagaimana inovasi dan semangat anak muda dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan gampong," tuturnya.

 

Ketua DPRK Aceh Besar Abdul Muchti AMd bersama Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM memotong pita tanda dibukanya tempat wisata di Teupin Balok, Gampong Naga Umbang, Jecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Kamis, (24/10/2024). FOTO/MC ACEH BESAR


Lebih lanjut, Iswanto juga berharap, sarana dan prasarana yang diluncurkan itu tidak hanya meningkatkan aksebilitas bagi para wisatawan, tetapi juga menciptakan peluang bagi masyarakat lokal untuk berpartisipasi aktif dalam industri pariwisata. Karena program pengembangan Desa Wisata Naga Umbang ini merupakan bagian dari upaya untuk menggali dan mengoptimalkan potensi wisata yang ada di Aceh Besar.

 

Dengan mengedepankan prinsip keberlanjutan dan kearifan lokal, diharapkan Gampong Naga Umbang akan menjadi salah satu destinasi unggulan yang mampu menarik wisatawan, baik lokal maupun internasional. Untuk itu, kepada semua pihak diminta bersama-sama menjaga dan merawat hasil kerja ini agar dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat Naga Umbang.

"Semoga kerja sama yang telah terjalin antara Pemerintah, masyarakat, dan akademisi ini terus berlanjut dan semakin memperkuat pengembangan wisata di daerah kita," katanya.

Ketua DPRK Aceh Besar Abdul Muchti AMd bersama Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM menaiki rakit usai dibukanya tempat wisata di Teupin Balok, Gampong Naga Umbang, Jecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Kamis, (24/10/2024). FOTO/MC ACEH BESAR

Pada kesempatan itu, Iswanto juga mengharapkan agar dana gampong yang sudah beberapa tahun dikucurkan pemerintah pusat dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, sehingga meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran di setiap gampong yang ada di Aceh Besar.

Sementara itu, Prof Mustanir menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab dan stakeholder lainnya, sehingga program pengembangan potensi wisata di Naga Umbang akan berjalan baik. Apalagi, potensi kekayaan alam dan pemandangan gampong ini sangat mendukung untuk kemajuan masyarakat. Ia yakin, potensi Naga Umbang akan terus diminati para wisatawan.
Untuk itu, promosi dan sosialisasi perlu terus dilakukan. Keuchik Naga Umbang, Anwar Ibrahim merasa sangat bahagia, karena gampong yang dipimpinnya menjadi lokasi pengembangan wisata. Masyarakat tentu saja menyambut positif kegiatan tersebut, sehingga berharap dukungan berkelanjutan dari semua pihak terkait.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM menerima setifikat p4nghargaan dari Prof. Dr Mustanir MSc Pembantu Rektor III USK dalam acara peresmian sarana dan prasarana wisata Teupin Balok, Gampong Naga Umbang, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Kamis, (24/10/2024). FOTO/MC ACEH BESAR

Selain itu, Anwar juga berharap dukungan fasilitas internet karena selama ini masyarakat agak susah mendapat layanan internet. Hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPRK Aceh Besar Abdul Muchti AMd, Pembantu Rektor III USK, Prof Dr Mustanir MSc, Dosen pembimbing UKM BSPD USK Dr drh Faisal Jamin MSi, Kadisparpora Aceh Besar Abdullah SSos, Comrel Manajer PT. Solusi Bangun Andalas Dewi Hawati, serta undangan lainnya.(**)

Share:
Komentar

Berita Terkini